Kementerian Pariwisata Luncurkan Program Hot Deals 2018 Kepulauan Riau

Kementerian Pariwisata Luncurkan Program Hot Deals 2018 Kepulauan Riau

Menteri Pariwisata (Menpar)  Arief Yahya didampingi Wali Kota Batam Muhammad Rudi meluncurkan  Program Hot Deals Kepri 2018.  Peluncuran ini diadakan di Hotel Planet Holiday Hotel & Residence Batu Ampar Batam, pada hari Kamis 19 April 2018 . Hadir juga dalam acara peluncuran ini, Anang Sutono, staff ahli kementerian bidang ekonomi dan kawasan pariwisata dan Kadispar Kepri, Buralimar.

Program Hot Deals  kali ini bertema ‘HOT DEALS 365  Everyday is Hot Deals Offers in Batam and Beyond’. Dengan target menjual 500 ribu paket wisata, program ini sebagai salah satu langkah strategis dalam upaya mendukung pencapaian target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman), terutama di wilayah cross border di Kepulauan Riau.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, dengan prinsip more for less, program ini akan menggaet wisatawan mancanegara lebih banyak, terutama saat low season.

Menpar Arief Yahya, mengapresiasi keberhasilan ujicoba di Kepri pada tahun lalu, dengan melibatkan komponen pelaku usaha yang bergerak di unsur 3 A (Aksesibilitas, Atraksi, dan Amenitas) yaitu; penyelenggara transportasi (pengusaha fery), akomodasi (hotel dan restoran) dan atraksi (spa, golf, dan atraksi lainnya) dan berjalan sukses menjual sebanyak 105.000 paket  hot deals  atau mencapai 100%,

“Kunci sukses uji coba hot deal di Kepri adalah dengan memberikan diskon besar; untuk tiket fery hingga 60% off, atraksi hingga 50% off, dan akomodasi hotel 8% off. Maka tahun ini harus kita tingkatkan akselerasinya melalui 500 ribu paket” kata Arief Yahya.

Program ini dilakukan dengan memberikan insentif kepada maskapai penerbangan atau kapal Ferry maupun travel agent untuk mendatangkan wisman melalui  Singapura dan Malaysia. Wisatawan ditawarkan paket   bundling, berupa paket tiket transportasi ( ferry atau pesawat) dan hotel atau destinasi wisata untuk mencapai target 500ribu paket wisata.

Kunjungan wisman ke Kepri menurut data BPS pada Januari-Desember 2017 mencapai 2.074.534 kunjungan atau  naik 8,04% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya berjumlah 1.920.232 orang. Kunjungan wisman ke Kepri didominasi oleh wisatawan Singapura mencapai 51,17% dengan memiliki Batam dan Bintan sebagai destinasi favorit mereka.

Berikutnya, Kementerian Pariwisata akan meluncurkan program serupa di Jakarta pada bulan Mei dan di Bali pada bulan Juni 2018.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »