Musi Triboatton, Wisata dan  Lomba Arung Sungai Musi dari Hulu ke Hilir

Musi Triboatton, Wisata dan Lomba Arung Sungai Musi dari Hulu ke Hilir

Kini masyarakat Sumatera Selatan tengah berbenah untuk menyambut kegiatan akbar, Musi Triboatton 2014. Bersama dengan dinas pariwisata, lingkungan hidup dan masyarakat membersihkan lingkungan, menyiapkan rumahnya untuk dijadikan homestay dan bersama-sama membangun atau memperbaiki  dermaga di sungai.

Musi Triboatton 2014 akan digelar pada tanggal 24-29 November 2014.  Rute kegiatan ini membentang sepanjang 5km dari hulu ke hilir Sungai Musi. Melewati 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang, tepatnya di bawah Jembatan Ampera.

Musi Triboatton pertama kali digagas oleh Sapta Nirwandar , mantan wakil menteri pariwisata.  kegiatan ini memadukan jelajah dan wisata sungai dengan lomba olah raga berdayung. Ada 3 jenis olah raga yaitu river boat ( arung jeram), inflatable canoe ( Kayak) dan dragon boat ( perahu naga).

Untuk lomba arung jeram, tiap tim terdiri dari 6 orang pendayung, sedangkan kapten kapal atau skippernya disediakan oleh panitia. Lalu untuk inflatable canoe tiap tim terdiri dari 2 orang, berlomba dengan sistem head to head sepanjang 250 meter rute. Sedangkan untuk perahu naga, tiap tim terdiri dari 10 orang, termasuk 1 orang juru mudi dan satu penabuh drum. Panjang peragu 9,60 meter dan lebar 1 meter, terbuat dari fibreglass.

Lomba ini melewati 5 etape. Etape pertama dari Empat Lawang ke Tebing Tinggi sejauh 35 km, etape kedua dari Tebing Tinggi ke Muara Kelingi sejauh 140 km, etape ketiga mulai dari Muara Kelingi ke Sekayu sejauh 165 km, lalu etape keempat dari Sekayu ke Pangumbuk. Terakhir pada etape kelima dari Pangumbuk ke Kota Palembang.

Pada tahun 2013 kegiatan Musi Triboatton telah mendapat sertifikasi dari International Dragon Boat Federation, sehingga masuk dalam agenda tetap tahunan federasi ini dan diakui secara international.

Pada tahun 2014 ini akan ada 8 tim peserta dari luar negeri, yaitu dari Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, Iran, Malaysia, Korea Selatan, Hongkong dan Australia. Sedangkan dari dalam negeri iku tim dari Provinsi Jambi, Sumatera Barat, Jawa Barat , Yogyakarta dan 2 tim dari Sumatera Selatan.

Kegiatan semacam Musi Triboatton yang memadukan wisata sungai dengan lomba dari 3 jenis perahu ini bisa dibilang pertama dan satu-satunya di dunia. Diharapkan tidak hanya memperbaiki kualitas lingkungan sungai tetapi juga merangsang masyarakat untuk mengembangkan wisata sungai,  khususnya di Sumatera Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »