Citilink Terbang Langsung Jakarta-Banyuwangi

Citilink Terbang Langsung Jakarta-Banyuwangi

Citilink telah membuka rute baru direct flight Jakarta-Banyuwangi PP. Acara inaugural flight Citilink dengan menggunakan pesawat jenis B737-500, dilakukan pada hari Kamis, 15 Februari 2018. Acara inaugural yang dilakukan di Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta, dihadiri oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Dirut AP II, Muhammad Awaluddin, dan Dirut PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahyo.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi Citilink membuka penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi mengikuti perusahaaan induknya Garuda Indonesia maupun perusahaan airlines lainnya NAM Air dan Wings Air yang lebih dahulu membuka rute yang sama tahun lalu.

“Untuk atraksi dan amenitas, perkembangan Banyuwangi luar biasa. Dari 77 Events yang baru-baru ini di Launching oleh Menpar dan Bupati Banyuwangi di Jakarta, tiga events masuk CoE Nasional, 2 events masuk Top 100 Events (Tour de Ijen dan Gandrung Sewu), 1 Event Top-10 (Banyuwangi Ethno Carnival). Menpar juga sudah meresmikan 3 Hotel Berbintang di tahun 2017. Yakni El Royale Hotel, Grand Harvest Resort, dan Hotel Sahid Osing Kemiren,” jelasnya.

Dirut PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahyo mengatakan, Citilink sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan bertarif rendah di Indonesia, siap mendukung program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, “Hingga Agustus 2017 Citilink telah melayani penerbangan ke-31 kota, dengan 63 rute dan lebih dari 244 frekuensi penerbangan setiap harinya,” kata Juliandra Nurtjahyo.

Juliandra Nurtjahyo menjelaskan, untuk menerbangi ke 31 kota tujuan, di antaranya adalah destinasi wisata unggulan, Citilink mengoperasikan 50 pesawat seri Airbus A320 (berkapasitas 180 penumpang) termasuk di dalamnya pesawat Airbus A320NEO yang datang melengkapi armada Citilink sejak Januari 2017. “Citilink maskapai pertama yang menggunakan pesawat seri A320NEO ini,” kata Juliandra Nurtjahyo.

Sementara itu pada tahun ini Citilink, menurut Juliandra Nurtjahyo, akan menambah rute baru domestik maupun internasional untuk mendukung program pariwisata yakni; Banyuwangi yang direalisasikan hari ini dan Labuhan Bajo, NTT dalam waktu dekat ini, serta rute internasional Penang (Malaysia) dan Bangkok (Thailand).

Bandara Banyuwangi (dahulu Blimbingsari) yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II telah melakukan peningkatan kapasitasnya dengan memperpanjang landasan pacu yang semula 1.800 meter menjadi 2.650 meter dan lebar 45 meter serta perluasan appron menjadi 18 ribu m2 sehingga dapat didarati pesawat jenis Airbus A320, Boeing 737, maupun Bombardier CRJ. Menurut rencana Bandara Banyuwangi akan dikembangkan sebagai bandara internasional berkonsep “Tourism Airport” di 2019 dimana Angkasa Pura II sudah menyiapkan total anggaran Rp 400 Miliar.

Setelah ditetapkan sebagai bandara internasional, Banyuwangi akan menjadi destinasi utama para wisatawan, selain Bali. Bandara Blimbingsari juga akan terintegrasi dengan dua bandara lainnya, yaitu Ngurah Rai Bali dan Lombok.

Juliandra Nurtjahjo juga berharap, rute baru ini dapat mendukung upaya perbaikan infrastruktur. Maskapai Low Cost Carrier (LCC) itu akan melayani penerbang 1 hari sekali dari dan menuju Banyuwangi. Citilink menyiapkan armada B 737-500 yang berkapasitas 120 penumpang. Jadwal keberangkatan dari Jakarta pada pukul 11.55 WIB, serta dari Banyuwangi pukul 9.30 WIB

One thought on “Citilink Terbang Langsung Jakarta-Banyuwangi

  1. Selamat untuk citilink dan banyuwangi maju terus dan semoga pelayanannya juga semakin di tingkatkan jangan seperti beberapa masakpai penerbangan yang sering mengecewakan para penumpanganya.

    # Sukses Untuk Penulisnya

    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »