JAS Dukung Pengembangan Lounge Umroh Bandara

JAS Dukung Pengembangan Lounge Umroh Bandara

PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS) bersama-sama dengan PT Tria Papua Avia (TripAvia) pada Senin (10/04) melaksanakan penanda tanganan kerja sama dalam acara launching “Lounge Umroh” yang disaksikan oleh Asosiasi Penyelenggara Haji-Umroh In-Bound Indonesia (Asphurindo).

Acara launching “Lounge Umroh” dihadiri oleh H. Muhadjirin Yunus (Kementerian Agama Dirjen Haji Plus dan Umroh); H. Syahrul Tahir (PT TripAvia); H. Syam Resfiadi (Asphurindo) dan Adji Gunawan (Dirut JAS Airport Services) serta Asosiasi Haji lainnya.

Lounge Umroh ini masih berlokasi di kawasan Bandara Soetta, tetapi bukan di terminalnya, Lounge ini berada di dalam Hotel Bandara yang dulu bernama Sheraton Bandara. Fasilitas ini mampu menampung hingga lebih dari 90 jamaah transit dan dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet nir kabel, musholla, makanan, minuman dan tempat beristirahat serta VIP Room. Seluruh jamaah juga mendapatkan fasilitas transportasi dan pengurusan bagasi ke terminal di Bandara internasional Soekarno Hatta.

Syahrul Tahir, Dirut PT TripAvia yang mengelola layanan ‘end to end’ Lounge Umroh ini mengatakan,” Tujuan pendirian Lounge Umroh adalah untuk memperlancar proses kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Soetta. Ini merupakan layanan satu pintu yang disiapkan Asosiasi untuk para anggotanya.”

Memang dari 4 Asosiasi Haji-Umroh di Indonesia, Asphurindo merupakan salah satu Asosiasi yang memiliki 142 anggota, termasuk PT TripAvia.

Terkait peluncuran ini, JAS mendukung operasional “Lounge Umroh” yang berlokasi di Bandara Hotel (ex-Hotel Sheraton) lewat layanan perusahaan yang dinamakan Airport Special Assistance (ASA).

Beberapa dukungan yang diberikan JAS di antaranya:

  1. ASA mengurus proses pre check-in, di mana dokumen perjalanan akan diberikan oleh panitia sehari sebelumnya.
  2. Penyiapan bagasi penumpang untuk selanjutnya dilakukan proses check in bagasi setelah penumpang tiba di terminal. Bagasi diverifikasi lebih dulu supaya tidak tertukar.
  3. Penyiapan boarding pass bagi seluruh penumpang sehingga antrian dapat dikurangi.
  4. Petugas ASA juga akan mengantar seluruh peserta umroh sampai ke boarding gate.

Setelah usai menanda tangani MoU dengan PT TripAvia, Adji Gunawan selaku Dirut JAS Airport Services mengatakan,”Kami bersyukur dipercaya oleh PT TripAvia dan Asphurindo. Harapan kami agar penumpang bisa beribadah dengan baik dan layanan ASA yang ada akan membantu memudahkan proses check in penumpang.

Selain ground dan kargo handling, JAS juga memiliki layanan ASA, di mana penumpang bisa mendapatkan layanan terintegrasi: Asisten pribadi, porter, mobil mewah, hiburan, lounge, dan bantuan imigrasi.

ASA saat ini beroperasi di Soekarno-Hatta International Airport Jakarta, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, Bandara Internasional Sepinggan International Balikpapan, dan Bandara Internasional Changi Singapura.

ASA menangani event internasional seperti: OKI (Organisasi Konferensi Islam) di 2012, Piala Dunia FIFA 2014, Atlit Turnamen Sumo Pertama di Indonesia, VVIP Guest spt Donald Trump Jr, dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »