Tahun 2019 19,1 juta wisman Datang ke Singapura, Wisatawan Asal Indonesia Terbesar Kedua

Tahun 2019 19,1 juta wisman Datang ke Singapura, Wisatawan Asal Indonesia Terbesar Kedua

Sektor pariwisata Singapura mencatat pertumbuhan dalam jumlah kunjungan wisatawan dan pendapatan pariwisata di 2019, sebuah tren baik yang terjadi selama empat tahun berturut-turut. Tingkat kunjungan wisatawan (Visitor Arrivals) secara global ke Singapura naik 3.3% pada 2019 mencapai 19,1 juta wisatawan, dengan total  penerimaan pariwisata (Tourism Receipts) bertumbuh 0,5% sebesar S$27,1 miliar.

Indonesia tetap merupakan negara sumber kunjungan wisatawan terbesar kedua untuk Singapura, dengan 3,11 juta wisatawan Indonesia berkunjung di tahun 2019 – sebuah angka rekor yang tinggi.

Angka kunjungan wisatawan leisure dari Indonesia (+3%) tercatat sebagai salah satu yang memiliki pertumbuhan absolut tertinggi di 2019, bersama Tiongkok (+6%) dan Amerika Serikat (+13%). 11 dari 15 negara yang menjadi sumber utama wisatawan Singapura mencatat angka pertumbuhan kunjungan wisatawan pada 2019, dengan sembilan pasar di antaranya – Indonesia, Tiongkok, Australia, Filipina, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Vietnam, dan Jerman –  mencatat rekor kunjungan wisatawan yang tinggi.

Indonesia juga menjadi salah satu negara pendukung  pertumbuhan pendapatan pariwisata Singapura, dengan banyaknya wisatawan leisure dari Indonesia melakukan aktivitas belanja, serta bertambahnya jumlah wisatawan Indonesia yang datang menggunakan maskapai penerbangan Singapura. Pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai S$2,26 miliar dengan pertumbuhan (+6%), pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on-year dalam devisa sektor pariwisata, di luar dari Sightseeing, Entertainment and Gaming (TR ex-SEG)

“Kami senang mengetahui bahwa wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura untuk liburan maupun bisnis lebih banyak dari sebelumnya. Rekor yang tinggi dari angka kunjungan wisatawan Indonesia menunjukkan Singapura sebagai destinasi yang diminati oleh wisatawan Indonesia, tidak hanya oleh wisatawan asal Jakarta, namun juga kota-kota di luar Jakarta. Pertumbuhan ini membuktikan bahwa pendekatan quality tourism dan upaya diversifikasi pasar ke kota-kota di luar Jakarta telah membuahkan  hasil. Kami akan terus memberikan yang terbaik meski mengalami tantangan di awal 2020,” ungkap Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director STB Indonesia (Jakarta).

Beberapa program baru dan peremajaan yang dapat dinantikan oleh para wisatawan di 2020 antara lain Magical Shores di Siloso, Dota 2 Singapore Major dan Matisse & Picasso – yang pertama dari empat pameran seni internasional khusus di National Gallery Singapore.

Singapura juga memiliki deretan acara yang menarik di sektor BTMICE sepanjang 2020 dan beberapa tahun ke depan. Beberapa acara penting di antaranya adalah gamescom asia 2020, Asia Pacific Life Insurance Congress dan the Million Dollar Round Table Global Conference di 2021, serta World Congress of Dermatology 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »