Columbia Sportswear Berikan Pengalaman Berbeda dalam pendakian Gunung Rinjani, dalam Columbia Mt. Rinjani Experience

Columbia Sportswear Berikan Pengalaman Berbeda dalam pendakian Gunung Rinjani, dalam Columbia Mt. Rinjani Experience

ajax loader

ColumbiaSportswear, produsen perlengkapan kegiatan luar ruang asal Amerika Serikat,  mengadakan “Columbia Mt. Rinjani Experience” yang berlangsung pada tanggal 1-5 desember 2022 melalui jalur Sembalun – Torean. Columbia Sportswear Indonesia ingin memberikan pengalaman yang berbeda yaitu tidak hanya sekedar melakukan pendakian dan berkemah tapi para peserta selama perjalanan dari Sembalun menuju puncak ditemani oleh para pegiat alam bebas yang sudah memiliki berpengalaman.

Columbi selama ini telah menjadi merek global terkemuka dengan menyalurkan hasrat penggemar kegiatan di  alam bebas dan  inovatif ke dalam teknologi yang membuat orang tetap hangat, kering, sejuk, dan terlindungi sepanjang tahun.

Kegiatan ini di ikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari influencers, media, content creator, pelanggan dan adventure team berpengalaman. Mathilda Dwi Lestari, salah satu wanita Indonesia pertama yang telah mencapai tujuh puncak duni, Bayu Noer seorang professional angler dan juga Canro Simarmata, seorang digital creator dan pegiat alam bebas yang telah memiliki banyak pengalaman pendakian gunung-gunung di Indonesia dan telah lima kali mendaki Gunung Rinjani.

11 rotated

Perjalanan di mulai dari pos 1 Sembalun Kandang Sapi dengan menaiki motor trail melalui hutan dan sabana yang indah sekitar 50 menit tiba di pos 2, lalu pendakian di mulai  dari pos 2 menuju Pelawangan Sembalun melewati jalur klasik 7 Bukit Penyesalan dengan cuaca hujan ringan. Sesampainya di tempat perkemahan Pelawangan Sembalun 3 seluruh peserta menikmati sunset, makan malam dan dilanjutkan sesi berbagi pengalaman dan tips dari Mathilda dan Canro tentang pendakian gunung berkegiatan di alam bebas kepada seluruh peserta.

Dini harinya seluruh peserta bersiap untuk pendakian ke puncak Rinjani dengan cuaca cukup cerah dan semua peserta berhasil mencapai puncak Rinjani, setelah itu kembali ke perkemahan untuk makan siang dan beristirahat sebentar sambil bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke danau Segara Anak.

Mathilda Dwi Lestari, salah satu wanita Indonesia pertama yang telah mencapai tujuh puncak dunia mengatakan: “ini kali kedua aku ke Rinjani tapi trip kali ini sangat berbeda sekali karena pesertanya datang dari berbagai latar belakang yang berbeda sehingga banyak cerita dan hal baru yang didapat selama pendakian, juga paling seru yaitu memancing di gunung dipandu oleh ahlinya langsung, karena ini pengalaman yang belum pernah aku lakukan sebelumnya setelah itu kita membersihkan sampah di sekitar danau sebagai salah satu kontribusi kepada alam dan sekalian juga mencoba Jaket dan sepatu terbaru dari Columbia yang sangat nyaman dan membantu aku dalam pendakian dari Sembalun ke puncak hingga menyusuri trek panjang yang indah menuju desa Torean, luar biasa! ”.

Namun begitu juga yang dirasakan Canro Simarmata, seorang digital creator dan pegiat alam bebas yang telah memiliki banyak pengalaman pendakian gunung-gunung di Indonesia dan telah lima kali mendaki Gunung Rinjani, “Meskipun saya sudah cukup sering ke Rinjani tapi trip kali ini sangat berbeda, mulai dari pesertanya yang asik dan seru juga program yang diberikan Columbia sangat berbeda dengan pendakian-pendakian yang pernah saya ikuti seperti mencoba jaket dan sepatu Columbia terbaru yang nyaman sekali dan juga memancing di danau Segara Anak diajarkan langsung oleh Mas Bayu ahlinya di dunia mancing setelah itu kita membersihkan sampah-sampah di sekitaran danau Segara Anak, kegiatan seperti ini harus terus dipertahankan menurut saya” Ujar Canro.

44 rotated

Di danau Segara Anak peserta Columbia Mt. Rinjani Experience juga mendapatkan pengalaman memancing yang dipandu oleh Bayu Noer seorang professional angler. Bayu Noer memberikan tips & trick bagaimana teknik memancing di air tawar untuk pemula. Para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini karena bagi sebagian besar peserta memancing di gunung merupakan pengalam pertama bagi mereka dan ditambah lagi ada tantangan untuk mendapatkan hadiah dari Columbia.

Menurut Bayu Noer, “Setelah kurang lebih hampir 20 tahun akhirnya saya kembali lagi ke Rinjani dengan kondisi trek yang berbeda namun keindahan alamnya semakin mempesona, pengalaman pendakian kali ini berbeda ditemani oleh para pegiat alam bebas berpengalaman dan juga peserta yang tangguh dan menyenangkan, saya mencoba kembali mancing di danau Segara Anak dan ternyata ikan banyak sekali seperti Ikan Mas, Mujahir dan Nila. Selain itu senang sekali saya bisa membantu teman-teman peserta yang sebagian besar baru pertama kali memancing dan mereka sangat antusias sekali apalagi saat mereka berhasil mendapatkan ikan, suasana benar-benar menyenangkan. Saya rasa kegiatan seperti ini harus terus dikembangkan oleh Columbia dengan program-program yang unik dan menarik”.

Setelah puas memancing, para peserta diajak untuk memberikan kontribusi dalam gerakan pelestarian lingkungan yang digagas oleh Columbia Sportswear yaitu “Protect Our Playground” dengan membersihkan sampah plastik dan sampah lainnya yang sulit terurai di sekitar Danau Segara Anak. Seperti diketahui, sampah merupakan salah satu ancaman bagi kelestarian dan keindahan alam di sejumlah gunung dan taman nasional di Indonesia.

Alit Udayana – Marketing Communications Manager Columbia Sportswear Indonesia menambahkan: Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berbeda dari pendakian-pendakian gunung pada umumnya yang hanya bertujuan mencapai puncak, dalam Columbia Mt. Rinjani Experience kami ingin memberikan pengalaman baru bagi para peserta selama pendakian dengan mengajak pegiat alam bebas yang berpengalaman, aktor dan pegiat seni sehingga semua peserta dapat saling berbagi cerita dan pengalaman tidak hanya mengenai pendakian, selain itu juga mengajak peserta untuk memancing pada ketinggian 2000 mdpl bersama orang yang berpengalaman di bidangnya.”

“ Kami mengedukasi ke peserta tentang pentingnya menjaga dan memberikan kontribusi positif kepada alam yang kita nikmati melalui gerakkan “Protect Our Playground” dengan membersihkan sampah di sekitar area danau Segara Anak, dengan harapan gerakkan yang dilakukan ini dapat mengajak dan memotivasi pegiat alam bebas untuk lebih sadar akan kebersihan dan kelestarian alam, “ Ujar Alit.

33 rotated

“Dan juga kami memberikan edukasi mengenai pentingnya perlengkapan yang baik untuk mendukung pendakian para peserta seperti jaket dan sepatu dari Columbia, karena sepanjang pendakian, peserta juga dihadapkan dengan potensi cuaca yang bisa berubah kapan saja. Peserta sudah disarankan sebelumnya untuk mempersiapkan perlengkapan yang baik untuk menghadapi cuaca terik, hujan, berangin dan terutama suhu dingin di pegunungan. Salah satu yang banyak digunakan oleh para peserta adalah jaket Columbia Omni-Heat Infinity yang dilengkapi dengan gold thermal-reflective warm yang dapat memantulkan dan mempertahankan panas tubuh serta memberikan kehangatan secara instan, “ tambahnya.

Kondisi medan yang dihadapi juga bervariasi seperti tanah basah, bebatuan dan pasir sehingga diperlukan sepatu yang mampu menaklukkan segala medan. Sepatu yang menjadi andalan dari para peserta adalah Columbia Peakfreak II OutDry yang dilengkapi dengan upper anti air yang dapat menjaga kaki  tetap kering serta midsole Techlite+™ yang ringan, nyaman dan menjaga kestabilan dan juga outsole Adapt Trax™ yang memberikan traksi dalam kondisi basah maupun kering sekalipun.

Sepanjang kegiatan semua peserta mendapatkan pengalaman yang berbeda baik pada saat pendakian, berkemah dan memancing. Walaupun kegiatan ini termasuk berat dan melelahkan bagi semua peserta, namun mereka antusias untuk menunggu kegiatan serupa berikutnya. Columbia Sportswear Indonesia ke depannya akan mengadakan berbagai kegiatan luar ruang alam bebas dengan pengalaman yang berbeda sehingga peserta dapat mendapatkan hal dan pengetahuan baru dari setiap perjalanan bersama Columbia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *