Banda Aceh Menepis Isu Jam Malam

Pemerintah Kota Banda Aceh menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh. Terkait isu ‘Jam Malam untuk Perempuan’ yang sedang marak diberitakan di media massa, Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa'aduddin Djamal menegaskan bahwa Pemerintah Kota hanya mengeluarkan instruksi yang mengatur bahwa pekerja perempuan Aceh pada tempat wisata/rekreasi, warnet, sarana olahraga serta tempat hiburan lainnya tidak boleh bekerja di atas pukul 23.00 WIB. Pemerintah Kota Banda Aceh juga tidak pernah mengeluarkan istilah ‘Jam Malam’, khususnya bagi perempuan.

Mengutip berita WAWANCARA EKSKLUSIF BERSAMA WALIKOTA BANDA ACEH TENTANG ISU "JAM MALAM" di situs https://walikota.bandaacehkota.go.id/, Walikota Banda Aceh Hj. Illiza mengatakan, “Bukan hanya pekerja perempuan di tempat-tempat itu (wisata/rekreasi, warnet, olahraga, hiburan) saja yang dibatasi waktu kerjanya, izin usaha tempat-tempat itu juga sampai batas pukul 00.00 WIB. Instruksi ini justru untuk melindungi tenaga kerja perempuan di kota Banda Aceh”.

Hj. Illiza menjamin bahwa kota Banda Aceh tidak diskriminatif terhadap perempuan dan ramah gender. “Seperti kita tahu, kota Banda Aceh punya rancangan qanun/perda kota ramah gender sebagai bukti political will Pemerintah Kota untuk menjamin terpenuhinya hak-hak perempuan. Kami dapat dikatakan diskriminatif jika instruksi ini diberlakukan untuk membatasi aktifitas perempuan, namun kami tidak melakukan hal itu. Saya sebagai perempuan terus berjuang agar harkat dan martabat perempuan mendapat posisi yang seharusnya,” jelasnya panjang lebar.

Dengan adanya fasilitas Balee Inong (tempat bagi perempuan untuk berhimpun) dan Woman Development Center, program MUSRENA (Musyawarah Rencana Aksi Perempuan), serta kebijakan 80% dana penguatan usaha ekonomi masyarakat (PUEM) bagi perempuan, Banda Aceh mendapat penghargaan kesetaraan gender di tingkat nasional maupun internasional. Keterangan lengkap Walikota Banda Aceh dapat diakses di https://walikota.bandaacehkota.go.id/media/110/media_detail.html.

Artikel Terkait:

Sumber foto : https://www.facebook.com/bandaacehtourism

Di unggah oleh:  Ferry
Terakhir di update: 27 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | WebDev Credit
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram