"ElgaandRina" Siap Angkat Tenun Sengkang ke Dunia Fashion Internasional

Fashion atau mode semakin hari menjadi instri yang menguntungkan di dunia Internasional, dimana setiap tahunnya terlihat banyak bermunculan nama designer-designer baru dan juga rumah mode yang langsung popular di dunia. Inilah yang mendasari seorang fashion designer Elga Naldy-yang merupakan seorang designer yang telah berkarya lebih dari 10 tahun di dunia fashion Tanah Air dan Internasional, untuk

Brand “ElgaandRina” secara resmi diperkenalkan untuk pasartanah air pada hari Kamis, 2 Mei 2019, bertempat di Plataran melebarkan sayapbisnisnya dengan berkolaborasi bersama Fashion Enthusiast Rina Saud yangmeluncurkan brand fashion bernama ‘ElgaandRina’ yang mengusung konsep ‘WhereEmbroidery Meets Fashion’.Menteng, Jakarta.

Kolaborasi antara keduanya ini dilandaskan oleh keinginanyang kuat dalam menghasilkan suatu produk yang mengangkat kerajinan tanganIndonesia, seperti Tenun dan Bordir yang dikemas dalam balutan desain dandetail yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap koleksinya.

Adapun koleksi ‘ElgaandRina’ menampilkan suatu karya yanganggun, dinamis dengan kualitas bahan terbaik dan desain modern yang dapatditerima pasar Internasional. Tak tanggung-tanggung, selain merintis pasardalam negeri, brand ‘ElgaandRina’ juga tengah mempersiapkan karya dan produkuntuk dipasarkan di industri fashion Amerika seperti New  York dan Los Angeles, yang diperkirakankoleksinya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

Sang designer, Elga Naldy menjelaskan tentang kehadiranbrand ‘ElgaandRina’ yang diperuntukkan bagi fashionista Tanah Air, “Kami sangatantusias dengan kehadiran brand kami, ‘ElgaandRina’ yang memiliki ciri khasmenggabungkan kerajinan tangan tenun dan bordir. Indonesia memiliki berbagaimacam kain tenun yang memang menjadi salah satu wujud kebudayaan Indonesia.Kain tenun sendiri merupakan warisan leluhur yang teknik pembuatan kainnyadikerjakan dengan prinsip yang sederhana yaitu hanya menggabungkan benangmenggunakan alat tenun, yang ternyata menghasilkan desain kain yang unik dankhas. Tenun juga merupakan persembahan bangsa Indonesia untuk dunia.

Warisan kain tenun memiliki tradisi sarat makna filosofidari negeri asalnya yang diminati dunia sejak dahulu kala, dengan memilikiberagam jenis dan corak motifnya. Kain tenun pun bukan sekedar tekstiltradisional, ia memiliki perjalanan panjang dari suatu peradaban sebuah Bangsa,negeri kepulauan yang memiliki beragam etnis. Kekayaan kerajinan tangan khasinilah yang menggelitik saya untuk berkreasi menghasilkan sebuah desain yangcantik dan elegan. Dengan mengangkat konsep menggabungkan tenun dan bordir inipula, kami merasa turut melestarikan kerajinan tangan Indonesia dan membuathidup industri tenun dan bordir serta turut meningkatkan kehidupan parapengrajinnya, sehingga kerajinan tenun dan bordir tidak punah”.

DSC 0118 1

“Untuk persembahan perdana, brand ‘ElgaandRina’ menampilkan45-50 outfit untuk negeri tercinta. Kami berharap fashionista dapat menerimadengan baik brand kami”, tambah Elga Naldy.

Senada dengan Elga Naldy, Rina Saud secara antusias jugamenjelaskan bahwa penggunaan kain tenun dan bordir yang menjadi ciri khas brand ‘ElgaandRina’ didasari keinginanuntuk mengangkat citra kain tenun seperti halnya batik yang sudah lebih populardi kalangan masyarakat Tanah Air.

“Melalui brand ‘ElgaandRina’, kami memiliki tujuan untukmelestarikan budaya lokal serta membantu dan meningkatkan perekonomian penenundan pembordir yang mayoritas adalah perempuan. Banyak perempuan tangguh didesa-desa yang terpaksa menjadi kepala keluarga dan harus menghidupianak-anaknya. Dengan keterampilan menenun atau membordir yang dimiliki,ditambah dengan kebutuhan kain tenun dan bordir yang meningkat, tentunya dapatmengangkat derajat kaum perempuan untuk lebih mandiri”.

Saat ini, brand ‘ElgaandRina’ memiliki 3 lini brand utamayaitu ElgaandRina Couture. ElgaandRina Ready to Wear Deluxe dan ElgaandRinaReady to Wear. Untuk perbedaan antara Ready to Wear Deluxe dan Ready to Wearadalah untuk desain brand ElgaandRina Ready to Wear Deluxe menggunakan kaintenun Sengkang yang diaplikasikan dengan teknik bordir, aplikasi payet, aplikasiberlian Swarovski dan aplikasi teknik patches. Sementara untuk ‘ElgaandRina’Ready to Wear dibuat dengan menggunakan kain tenun Sengkang dan diaplikasikanhanya menggunakan teknik bordir dan payet.

Dilanjutkan Rina, “Koleksi ‘ElgaandRina’ mengkolaborasikankain tenun dengan bahan yang enak dipakai sehingga dapat digunakan sehari-hari.Saya perhatikan, dulu kebanyakan orang malas untuk mengenakan tenun sebagaibusana harian karena bahannya dianggap terlalu tebal dan panas, tetapi sekarangsudah berubah.

DSC 0123

Dengan inovasi, perkembangan pengetahuan, dan pembinaan yangdisampaikan oleh berbagai pihak, saat ini penenun telah memahami soalpenggunaan benang yang lebih bagus, tidak membuat kain tenun menjadi begitutebal. Selain itu corak kain tenun juga semakin berwarna dengan ditemukannyapewarna alami yang memanfaatkan pewarna dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya warnaindigo yang saat ini tengah popular yang membuat kain tenun menjadi semakinkekinian dan modern. Brand kami sendiri menggunakan kain tenun dengan pemilihankain yang terbaik, yang dikombinasikan menggunakan teknik bordir, payet danpatches sehingga menghasilkan busana yang menarik, elegan dan dapatdisejajarkan dengan brand Internasional”.

Lebih dekat, brand ‘ElgaandRina’ memiliki beberapa kelebihanyaitu: 1) Pemilihan garmen terbaik yang dikombinasikan dengan teknik bordir,payet dan patches yang unik, 2) brand dengan potensial pasar Internasional,melihat track bisnis sang designer Elga Naldy yang telah dulu memiliki brandfashion yang cukup popular di India dan 3) Pengetahuan dan teknik yang mendalamuntuk aspek dunia fashion.

“Kami berharap brand ‘ElgaandRina’ semakin membuat industrifashion Tanah Air semakin menggeliat dan tentunya dapat diterima dan dipakaioleh seluruh pecinta fashion di Tanah Air maupun manca negara. Dan kain tenun

Artikel Terkait:
dan bordir sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia dapat semakinpopular dan menjadi kebanggaan bersama”, tutup Elga Naldy.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram