Festival Pesona Minangkabau Dibuka Dengan Meriah di Istano Basa Pagaruyung

Sebuah acara kebudayaan terbesar di Sumatera Barat telahdibuka. Festival Pesona Minangkabau menyajikan berbagai berbagai kegiatan senibudaya sejak tanggal 4-8 Desember 2019 di Kota Batu Sangkar, Kabupaten TanahDatar, Sumatera Barat.

Festival yang masuk ke daftar 100 Calendar of EventWonderful Indonesia 2019 ini dibuka oeh Bupati Tanah Datar Ir.IrdinansyahTarmizi didampingi oleh Esthy Reko Astuti, tenaga ahli bidang manajemencalendar of event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  di Istano Basa Pagaruyung.

1

 Irdiansyah Tarmizimenjelaskan dalam sambutannya, bahwa telah disepakati diantara kepala daerah diSumatera Barat bahwa Tanah Datar menjadi tempat satu- satunya festival khususkebudayaan Minangkabau.  Sebagai pusatkebudayaan Minangkabau, Festival ini akan menyajikan berbagai kegiatan seni danbudaya Minangkabau. Seperti Arakan Bajamba yang akan diikuti oleh BundoKanduang dari 75 Nagari dari 13 kecamatan.

“ Yang menarik nanti akan didakan pencatatan rekor MURI,memainkan alat musik tradisional Talempong Pacik terbanyak di dunia, “ ujarBupati.

Esthy Reko Astuti menyambut baik  kegiatan Festival Pesona Minangkabau.  “ Sebuah kegiatan masuk dalam Calendar ofEvent ada kriterianya, mulai dari Creativity, Comercial, Comitment danConsistensy, kegiatannya penuh dengan kegiatan yang  menyajikan kreatifitas pesertanya, mempunyainilai komersil yangmendatangkan pemasukan ekonomi untuk masyarakat setempat,kepala daerahnya yangmemiliki komitmen yang kuat untuk kemajuan pariwisata didaerahnya dan konsistensi penyelenggaraan yang selalu ada setiap tahunnya,”

“ Dengan menyatunya kembali Kementrian Pariwisata denganEkonomi Kreatif, festval semacam ini juga  sejalan dengan program kemenparekraf yang akanmemajukan ekonomi kreatif setempat, dari sisi kuliner, fesyen hingga kerajinantangannya , “ tambah Esthy Reko Astuti.

3

Yang menarik di hari pembukaan  Festival Pesona Minangkabau, ditampilkanArakan Bajamba yang diikuti oleh 2000 ibu-ibu dari 75 Nagari yang membawa

Artikel Terkait:
makanan dalam bajamba di atas kepalanya. Selain itu ada penampilan tarian danperagaan busana tradisional Minang.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram