Kota Tomohon Luncurkan TIFF 2017 di Jakarta

Masyarakat Kota Tomohon, Sulawesi Utara, mempromosikan kegiatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 di acara Car Free Day Jakarta, pada hari Minggu, 21 Mei 2017. Bersama dengan jajaran pemda Kota Tomohon dan masyarakat Kawanua, perantauan dari Sulawesi Utara yang tinggal di Jakarta, mereka berjalan dari Bunderan Hotel Indonesia, dilanjutkan ke acara peluncuran TIFF 2017 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

3

Pawai yang dmulai pada pukul 07.00 itu terdiri dari sebuah mobil hias penuh  bunga, dengan seorang Ratu Bunga yang menyapa masyarakat yang dilewatinya. Kemudian dibarisan depan mobil adalah jajaran pemda Kota Tomohon, diantaranya Walikota Jimmy Feidie Eman, dan Wakil Walikota sekaligus ketua panitia TIFF 2017, Sherly Edelin, Kadispar Sulawesi Utara yang mewaikili Gubernur Sulawesi Utara, Daniel Mawengka. Mereka berjalan bersama dengan mascot TIFF, Chrysto, Chrysant Tomohon.

Sesampai gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, rombongan disambut oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim, yang mewakili Menteri Pariwisata.

Penyelenggaraan event tahunan TIFF 2017 yang akan berlangsung di Kota Tomohon, Sulut pada 7-12 Agustus 2017 mendatang. Penyelenggaraan TIFF 2017 yang memasuki tahun ke-7 kali ini mengangkat tema “The 7 Wonders of Tomohon” dengan menampilkan tujuh daya tarik alam (nature) sebagai keajaiban dan keunikan alam Tomohon berupa tujuh gunung, tujuh danau, dan tujuh air terjun untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus ke Tomohon yang pada tahun 2015 lalu sebanyak 14.734 wisman dan 192.322 wisnus.

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kementerian Pariwisata Mumus Muslim mengapresiasi penyelenggaraan TIFF 2017.  “Penyelenggaraan festival ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan daya tarik destinasi pariwisata Sulut,  adanya penyelenggaan TIFF ini menjadikan Tomohon semakin dikenal oleh wisatawan sebagai kota dan  pusat industri bunga dan menjadi daya tarik pariwisata Sulut,” kata Mumus.

Sementara itu Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman menambahkan, penyelenggaraan TIFF 2017 sengaja mengangkat tema “The 7 Wonders of Tomohon”  untuk menegaskan bahwa Tomohon dikaruniai keindahan alam berupa 7 gunung (Gunung; Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan),7 danau (Danau;Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean), dan 7 air terjun (Air Terjun; Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa,TekaanTelu, Kanderawatu, dan Kinapesutan) kesemuanya merupakan keajaiban (wonders). “Kota Tomohon dengan berbagai keunikan alam dan florikultura merupakan surga tersembunyi dengan berbagai keajaiban yang menyajikan keindahan alam mempesona,” kata Jimmy Feidie Eman.

2 1

TIFF 2017 mengagendakan lima kegiatan utama yakni; 1). Tournament of Flowers/Flower Parade (8 Agustus 2017) sebagai  parade kendaraan hias yang diikuti oleh perwakilan negara sahabat, pemerintah propinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia,BUMN/BUMD, serta instansi/perusahaan swasta;  2). Kontes Ratu Bunga Nusantara (7 – 10 Agustus 2017) sebagai ajang kontes menjaring minat dan bakat para putri terbaik se-Indonesia dalam mengembangkan minat dan bakat masing–masing serta kecintaan akan bunga;  3). Tomohon Flower Carnival (8 Agustus 2017) menampilkan eksotisme bunga dalam balutan pakaian kreatif yang dirancang oleh para perancang lokal maupun asional sebagai bagian dari Parade Bunga.

Artikel Terkait:

Selain itu 4). Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8 – 12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara, yang dikemas dalam atraksi menarik;  Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara (8 – 12 Agustus 2017) menampilkan warisan seni dan budaya Nusantara yang dikemas dalam atraksi menarik;  dan 5). Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo (7 –12 Agustus 2017) kegiatan  pameran menyajikan pameran florikultura, landscape taman bunga, dan juga pameran pariwisata, perdagangan serta investasi.

Pada penyelenggaraan nanti, akan diikuti oleh tidak hanya peserta dari tingkat nasional, tetapi juga negara luar seperti, Khazakthan, Korea Selatan, Jepang, Asean Community, Nepal, Malaysia, Bhutan,  dan masih banyak lagi. Rangkaian parade bunga nanti akan berjalan sejauh 7 kilometer melewati pusat Kota Tomohon dari arah utara ke Selatan.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram