Cok Is, Putri  Indonesia Pariwisata 2013

Cok Is, Putri Indonesia Pariwisata 2013

Cok Istri Krisnanda adalah Putri Indonesia Pariwisata 2013.  Tidak hanya kecantikannya yang mempesona para juri, tetapi juga kecerdasan, kepribadian dan ketrampilannya menari Bali, membuat para juri memilihnya menjadi salah satu juara pada malam final Pemilihan Putri Indonesia 2013, 1 Februari 2013 di Plenary Hall Jakarta.

Putri pertama pasangan Cok Agung Yujana dan I Gusti Ayu Suasti ini saat ini duduk dibangku kuliah Universitas Udayana Fakultas Ekonomi semester 5. Sejak kecil ia telah menorehkan banyak prestasi. Mulai dari anggota Paskibra Provinsi Bali tahun 2007,Pemenang V Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional , Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2008, Juara 1 Teruni Jegeg SMA 1 Denpasar hingga Top 5 Teruna Teruni Denpasar 2010.

Kini dengan menjabat sebagai Putri Indonesia Pariwisata 2013, ia kini tengah menyelami dunia pariwisata Indonesia dan mengenalkannya pada dunia melalui berbagai ajang kompetisi tingkat Internasional. Di sela-sela kesibukannya, gadis yang lahir Tabanan Bali, 27 Maret 1992ini menyempatkan waktunya untuk berbincang seputar dunia pariwisata Indonesia.

1. Apa motivasi kamu untuk mengikuti ajang pemilihan Putri Indonesia 2012?

Ajang Pemilihan Putri Indonesia adalah impian saya sejak kecil. Putri Indonesia adalah ajang pemilihan putri-putrian yang paling terkenal di Indonesia. Gadis kecil mana yang tidak mau tampil cantik dan anggun dengan rambut terurai serta bermahkota.

Saya telah merintisnya sejak lama. Pada tahun 2010 saya masuk 5 besar dalam ajang pemilihan Teruna Teruni Kota Denpasar, semacam duta wisata. Dari situ saya menyiapkan diri untuk selama dua tahun untuk ikut ajang Putri Indonesia 2012 untuk Provinsi Bali.

2. Tolong ceritakan bagaimana prosesnya hingga kamu terpilih menjadi  Putri Indonesia Pariwisata 2013?

Terus terang saja saya sempat minder, karena pengalaman saya hanya masuk 5 besar duta wisata Kota Denpasar pada tahun 2010, namun berkat persiapan yang matang selama 2 tahun, saya bisa terpilih menjadi pemenang tingkat provinsi.

Dari situ saya bersemangat dalam mengikuti ajang Putri Indonesia tingkat nasional. Banyak dukungan untuk saya dan membekali saya berbagai pengetahuan tentang Bali. Hingga akhirnya saya terpilih menjadi Putri Indonesia Pariwisata 2013.

3.  Apa saja tugas Putri Indonesia Pariwisata 2013?

Saya berkeliling Indonesia mengunjungi berbagai acara dan destinasi wisata. Mempromosikan pariwisata Indonesia sekaligus mengenali berbagai budaya yang khas di beragam daerah di Indonesia. Kemudian saya akan mengenalkan wisata dan budaya Indonesia yang unik itu dalam ajang tingkat internasional yang akan saya ikuti.

Saya ingin mengenalkan bahwa Indonesia tidak hanya Bali saja yang bagus untuk dikunjungi.

4. Seperti apa wisata kamu sukai?

Saya menyukasi wisata alam, baik itu pantai maupun gunung. Kadang saya suka kongkow bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Kadang saya juga bersama keluarga menikmati alam pegunungan di  Tabanan dan mandi air panas di Kintamani.

5. Bagaimana kamu melihat dunia pariwisata Indonesia setelah terpilih menjadi Putri Indonesia Pariwisata 2013?

Sebelum saya terpilih menjadi Putri Indonesia Pariwisata, tempat wisata yang saya ketahui sebagian besar hanya seputar Bali saja, namun setelah menjadi Putri Indonesia Pariwisata, saya makin mengenal berbagai tempat wisata di Indonesia. Saya telah berkunjung ke Banjarmasin, melihat pasar terapung dan wisata sungai, ke Ternate mengikuti Festival Legu Gam, Menginjakkan kaki di Candi Borobudur hingga pantai indah di kawasan Lampung Selatan.

Masing-masing daerah mempunyai keunikan masing-masing. Yang paling menarik adalah  pengalaman saya di Pulau Ternate, ibu kota Provinsi Maluku Utara. Selain banyak benteng sebagai wisata sejarah,  keliling pulau bisa pakai speedboat. Contohnya untuk ke kantor Gubernur lebih cepat dicapai lewat laut.

6. Menurut kamu bagaimana pembangunan pariwisata di Indonesia saat ini?

Banyak tempat wisata yang indah namun minim infrastuktur. Seperti saya ke Pantai Batu Kapal di Lampung Selatan, pantainya sangat indah namun jalan ke sana belum bagus. Kalau saja diperbaiki, pasti bisa menjadi tempat wisata yang ramai.

Selain itu perlu juga kesadaran dari masyarakat dan pemerintah setempat. Jika ingin tempatnya ramai dikunjungi tentu perlu rasa memiliki tempat tersebut. Dijaga kebersihan lingkungannya. Perlu menjaga tata tertib setempat.

Memang belum banyak daerah yang se-welcome Bali, tetapi bukan berarti di Bali wisatawannya bebas. Banyak tempat wisata yang juga mempunyai aturan ketat, contohnya di Pura. Wisatawan yang datang harus berpakaian sopan dan memakai kain.

Soal pendidikan Sumber Daya Manusianya juga penting.masayarakat harus dilatih agar siap menjadi pemandu. Sekarang banyak turis backpaker, yang langsung bertanya ke penduduk setempat. Maka itu perlu kesadaran masyarakat untuk memandu, paling tidak memahami Bahasa Inggris.

7. Bagaimana pendapat kamu dengan target pemerintah untuk kunjungan 9 juta wisatawan mancanegara tahun ini?

Pariwisata butuh dukungan semua pihak supaya lebih maju, masalah pembangunan infrastruktur misalnya, jika jalan-jalan dibangun dan diperbaiki, tentu wisatawan akan merasa nyaman.

Selain itu perlu mengembangkan potensi wisata yang lain. Contohnya di Bali. Turis mulai jenuh akibat kemacetan dari bandara dan Kuta, belum lagi banyaknya sampah. Perlu dicari alternatif destinasi wisata yang lain.

Selain itu harus adanya peran serta masyarakat dan pemerintah agar lebih mencintai tempat wisatanya dan menjaga lingkunganya.

Yang juga penting adalah promosi. Melalui ajang pemilihan duta wisata dan kedatangan selebriti terkenal seperti Miss Universe 2012 berkunjung ke Indonesia.Hal tersebut sebagai salah satu upaya mempromosikan Indonesia sebagai tempat wisata unggulan yang tidak hanya Bali. Apalgi dengan dicanangkannya berbagai tema wisata seperti Visit Jateng, Visit Jogja dan Visit Bali. Hal ini membuktikan bahwa banyak tempat wisata Indonesia yang sudah bangkit.

8. Siapa panutan kamu sebagai Putri Indonesia?

Saya mengagumi senior saya, Alya Rohali. Walaupun Putri Indonesia 1994 ini telah lama terplih, namun ia tetap dapat mempertahankan eksistensinya dengan terus berkarya dimasyarakat dan juga tetap menjaga perannya di keluarga sebagai ibu yang baik.

Hal tersebut yang memotivasi saya untuk terus berprestasi. Tidak hanya sampai mendapatkan gelar saja sebagai Putri Indonesia Pariwisata 2013 saja tetapi terus berprestasi.

9. Apa saran kamu agar wanita Indonesia juga mau berprestasi seperti kamu?

Dalam meraih prestasi kita harus berani mencoba, dan  jangan cepat putus asa. Jangan sampai kita terlarut pada pandangan negatif orang lain maupun  pikiran negatif yang timbul dari diri sendiri.

Sebaiknya jangan untuk takut mencoba,  karena kita tidak tahu batasan diri kita sampai mana. Kalau udah pernah gagal, belajarlah  dari kegagalan tersebut. Yang juga penting adalah mau mendengarkan  saran dan kritik dari org lain.

Semua hal tersebut yang membawa saya hingga mencapai prestasi sekarang ini.

10. Apa kegiatan yang sedang dipersiapkan sebagai Putri Indonesai Pariwisata 2013 ?

Pada bulan Agustus 2013 nanti saya akan  mengikuti ajang Miss Supranational di Bellarussia.

Untuk itu saya melakukan persiapan mental dan fisik melalui program olah raga, menambah wawasan dan ketrampilan berbahasa Inggris serta busana dan kesenian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »