Kemenparekraf  Dukung Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020

Kemenparekraf Dukung Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020

Adira Finance dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan EKonomi Kreatif  akan menyelenggarakan “Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020”, Festival ini digelar untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing UKM kreatif dan wirausaha muda di Indonesia.

Untuk itu dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Festival Kreatif Lokal antara Kemenparekraf dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), pada Hari Kamis , 27 Agustus 2020. Penandatanganan ini merupakan penegasan sinergi yang baik antara Kemenparekraf dengan pihak swasta dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, mengatakan, “Festival Kreatif Lokal 2020″ merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan “Bangkit Bersama Sahabat” yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

“Pandemi COVID-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Sejalan dengan visi kami yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan, #FestivalKreatifLokal 2020 adalah wujud kepedulian kami untuk membangun pelaku UKM dan generasi muda agar bersama-sama bangkit membangun perekonomian Indonesia,” ujar Hafid Hadeli.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio dalam sambutannya menjelaskan bahwa, di masa pandemi COVID-19 ini semua pihak dihadapkan pada tantangan yang berat sehingga membuat semua harus lebih giat dan kreatif dalam menciptakan peluang. Untuk itu pemerintah mendukung produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Diharapkan dengan kerja sama ini dapat turut mengembangkan potensi ekonomi kreatif sesuai sumber daya lokal di masing-masing daerah sehingga dapat menjadi salah satu pembangun struktur perekonomian daerah serta menjadi daya tarik tersendiri dalam kaitannya dengan mengundang wisatawan dalam maupun luar negeri,” kata Wishnutama.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »