Astindo Travel Fair 2020 Optimis Di Tengah Isu Virus Corona

Astindo Travel Fair 2020 Optimis Di Tengah Isu Virus Corona

Astindo Travel Fair 2020  kembali di gelar untuk ke-10 kalinya. Pada  Hari Jumat pagi, 21 Februari 2020. Hadir pada pembukaan kegiatan yang diselenggarakan oleh asosiasi penjual tiket pesawat ini  Elly Hutabarat sebagai ketua Astindo, Nia NIscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatf, I, Senior VP Bussines Development BCA Ketut Alam Wangsawijaya dan Eric Nemitz CEO Sompo Indonesia.

Seperti diketahui, virus corona yang merebak dari China menjadi perhatian dunia hingga kini. Memang ada pengaruh dari isu itu tapi tak terlalu berdampak kepada persiapan penyelenggaraan  berbagai kegiatan MICE di Indonesia yang akan digelar pada tahun 2020 ini  Salah satunya adalah ASTINDO Travel Fair dimana saat ini seluruh area pameran telah terisi oleh para exhibitor yang terdiri dari airlines, travel agent, Badan Promosi Pariwisata (NTO), cruise liner, obyek wisata, dan produk wisata terkait lainnya.

Ketua ASTINDO, Elly Hutabarat, menyikapi wabah corona virus sebagai isu yang sensitive. “Kami berharap isu virus Corona yang mewabah di beberapa negara tak akan menyurutkan antusiasme masyarakat untuk travelling, karena masih banyak opsi destinasi wisata yang tidak terdampak, dan juga pemerintah di hampir semua negara telah melakukan upaya pencegahan dengan melarang masuk warga negara China dan juga warga negara lain yang mengunjungi China selama 14 hari terakhir.”

“Kami yakin isu ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk datang ke ASTINDO Travel Fair, karena ada beragam destinasi menarik yang ditawarkan kepada pengunjung selama berlangsungnya pameran ASTINDO Travel Fair 2020 selama tiga hari disertai dengan penawaran berbagai harga khusus dan promosi bagi pengunjung,” tambah Elly.

Sesuai dengan pedoman yang relevan dari departemen kesehatan negara masing-masing dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa airlines dan Badan Promosi Pariwisata (NTO) telah mengadopsi serangkaian tindakan pencegahan, pengendalian dan upaya perlindungan dari virus corona.

“Terkait dengan hal diatas, kami menyerukan kepada semua peserta pameran ASTINDO Travel Fair 2020 untuk secara aktif mendukung langkah-langkah yang membantu membangun kepercayaan masyarakat agar tetap berwisata, narasi-narasi positif seperti “travelling is still safe” perlu terus dibangun dan disosialisasikan, termasuk informasi terkait kesiapan perangkat mengamankan kesehatan dan keselamatan wisatawan yang up to date. Dukungan media juga kami harapkan karena media memiliki jangkauan yang luas untuk menyampaikan pesan-pesan positif,” kata Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2020, Anton Sumarli.

Nia NIscaya, juga menyatakan bahwa masyarakat juga harus tetap optimis,  untuk itu kami mendorong masyarakat  dan stake holder untuk lebih mempromosikan wisata dalam negeri. Jika pariwisata kita di dalam negeri tetap normal maka hal ini akan menjadikan citra yang baik untuk wisatawan mancanegara,” ujarnya.

“Memang persoalan wabah virus corona telah menyebabkan penurunan jumlah kunjungan yang signifikan untuk beberapa daerah yang menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara, seperti Bali, Batam Bintan dan Manado. Namun wisatawan tidak hanya dari China, tetapi banyak juga dari negara lain.jadi kita harus tetap optimis, “ tambahnya.

Selain itu berbagai program menarik bag pengunjung menanti di Astindo Travel Fair 2020. BCA sebagai bank partner menyediakan cashback hingga 1 juta Rupiah untuk pembelian menggunakan kartu  kredit BCA dan banyak promo lainnya menggunakan kode QR untuk pembelian tiket pesawat hingga paket wisata.

Sompo Insurance sebagai partner asuransi perjalanan menyediakan paket perlindungan gratis tiap pembelian tiket pesawat dan  dan paket wisata di Astindo Travel Fair. Adajuga diskon 30% untuk pembelian paket asuransi lainnya dan  free simcard untuk perjalanan internasional.

Menyikapi wabah virus corona saat ini, Panitia Penyelenggara ASTINDO Travel Fair 2020 melalui akun media sosial proaktif melakukan campaign edukasi untuk pencegahan virus corona saat liburan, seperti:

Demi untuk menjaga kesehatan para pengunjung, Sompo Insurance juga mendukung upaya ini dengan menyediakan 10 titik Hand Sanitizer juga menjaga kebersihan dan kesehatan para pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »