GELAR BATIK NUSANTARA 2017 Tonjolkan Batik-Batik Warna Alami

Gelar Batik Nusantara (GBN) kembali digelar untuk ke-10 kalinya.  Kegiatan yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia terus diadakan untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannnya, yang semakin lama semakin beragam dan meningkat.

Gelar Batik Nusantara 2017 mengusung tema : “ Pesona Batik Warna Alam”. Diselenggarakan pada tanggal 7 - 11 Juni 2017,  bertempat di Assembly Hall, Cendrawasih dan Main Lobby Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Batik warna alam dijadikan tema, karena sejarah dalam perjalanan perkembangan Batik Indonesia, dimana pewarnaan batik awal mulanya dari keanekaragaman hayati kulit kayu, daun, buah, bunga berbagai tanaman yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu alasan pemilihan tema warna alam yang cukup penting adalah, agar Batik Indonesia dapat bersaing di Pasar Global (Global Market) dengan mempertahankan sustainable fashion.

batik3

Dahulu masyarakat yang membuat batik belum mengenal pewarna batik kimia (indigosol dan napthol), untuk mendapatkan warna-­‐warna yang mereka inginkan mereka harus mencari akal dengan memanfaatkan yang ada disekitarnya. Banyaknya lahan dan tumbuh-­‐tumbuhan pun pada masa lalu dimanfaatkan sebagai pewarna alam. Sebut saja Kulit Pohon Mahoni, Duwet, Tingi, Jambal, Tegeran, Daun Indigo, Daun Mangga, Secang, dan lainnya.

GBN 2017 tidak hanay pameran tetapi juga diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan didalamya antara lain; workshop membatik, talkshow seputar batik, peragaan busana yang ditampilkan oleh Putra-Putri Batik Nusantara dan pertunjukkan kesenian termasuk penampilan dari Gitar Batik Peraih MURI .

Seiring waktu tehnik pewarnaan alami telah tergeserkan dengan pewarnaan kimiawi. Melalui Gelar Batik Nusantara 2017, kita bersama ingin menggali kearifan leluhur, dan berperan dalam pelestarian dan pengembangan batik Indonesia.

Info lebih lanjut : www.gelarbatiknusantara2017.com

Artikel Terkait:

Instagram : @gelarbatiknusantara

Twitter : @gbn2017

Di unggah oleh:  Ferry
Terakhir di update: 27 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | WebDev Credit
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram