Ironman 70.3 Bintan 2017 Sajikan Lintasan Alam Bintan yang Menantang

Untuk ketiga kalinya seri kejuaraan internasional Ironman 70.3 edisi Indonesia akan berlangsung di Pulau Bintan pada 20 Agustus 2017. Sejumlah 16 atlet elit dan 1.400 atlet amatir atau rekreasional, baik lokal maupun mancanegara, akan meramaikan lomba tahunan ini.

Ironman adalah salah satu lomba olahraga ketahanan paling menantang di dunia. Diakui karena keunggulannya melalui penyelenggaraan acara yang berbeda, atlet-atlet kelas dunia, dan produk berkualitas, IRONMAN menjelma dari hanya satu lomba menjadi seri kejuaraan dunia dengan lebih dari 190 event melalui lima brand yang unik. IRONMAN®, IRONMAN® 70.3®, 5150™ Triathlon Series, Iron Girl®, and IRONKIDS®.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, tingkat kepuasan atlet di lomba ini mencapai 95 persen. Selain itu, berdasarkan survei global Ironman 70.3, lomba di Bintan ini berada di posisi tiga dunia, hanya berada di bawah penyelenggara seri kejuaraan ini di Jerman dan Prancis. Penyelenggaraan di Bintan merupakan salah satu kejuaraan Ironman 70.3 yang paling pesat perkembangannya di dunia – yang mencatatkan perkembangan sejauh 60 persen sejak perhelatan pertama yang berlangsung pada 2015.

Yang paling terkenal di dunia adalah kategri Ironman dan Ironman 70.3. Angka 770.3 merupaka total jarak lintasan dalam satuan Mil. Jenis lomba ini lebih popular di dunia, dibandingkan dengan jeni Ironman yang jumlah lintasannya dua kali lipat dari Ironman 70.3. Jenis Ironman memiliki lintasan yang lebih sulit dan jarak yang lebih jauh, menyebabkan hanya atlet professional yang tertarik ikut serta serta waktu lomba yang lebih lama, menyebabkan jenis ini kurang popular dibandingkan seri 70.3.

Rute lomba akan membawa para triathlete pada tantangan yang luar biasa, mulai dari Berenang, Bersepda dan berlari mengelilingi Pulau Bintan. Rute sepeda dan renang di ajang ini, yang dipilih sebagai “the best long course” di Asia pada 2016 oleh Asia Tri, tetap sama dengan tahun sebelumnya. Namun untuk rute lari, tahun ini telah dirancang ulang oleh MetaSport selaku penyelenggara lomba, supaya lebih menarik lagi bagi para triathlete.

Perlombaan ini akan dimulai pada pagi hari, dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort dari wilayah kepulauan Indonesia. Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer (satu putaran) di jalanan yang mulus dan lebar. Para partisipan akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 kilometer. Jarak ini akan ditempuh dalam dua putaran, lintasannya cukup memudahkan triathlete, dan memiliki pemandangan lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Hingga saat ini, telah terdaftar atlet dari 42 negara di IRONMAN 70.3 Bintan 2017. Beberapa di antaranya datang dengan harapan memenangkan satu di antara 30 slot ditawarkan untuk mengikuti IRONMAN 70.3 2018 World Championships di Afrika Selatan tahun depan.

Di kategori atlet elit, dengan tawaran hadiah sebesar 15 ribu dolar Amerika Serikat, para pemenang tahun 2016, Fredrik Croneborg dan Kate Bevilaqua, akan kembali untuk mempertahankan titel juara mereka. Meski bukan seorang atlet professional, Inge Prasetyo, yang dikenal sebagai atlet amatir Indonesia pertama yang lolos kualifikasi IRONMAN World Championship 2017 di Hawaii, akan memanfaatkan lomba di Bintan ini melatih strategi bertanding yang akan diterapkannya di Hawaii.

Selain Inge, terdapat 200 atlet Indonesia yang akan berlomba di ajang ini. Dengan peningkatan jumlah peserta mencapai 61 persen ketimbang tahun lalu, hal ini menunjukkan perkembangan olahraga ketahanan ini di Indonesia.

Selain lomba untuk orang dewasa, lebih dari 300 anak-anak Indonesia yang mengambil bagian di akhir pekan dan berlari 1,5 kilometer di Ironkids fun run. Hal lain yang mencengangkan adalah keikutsertaan Yee Sze Mun dari Malaysia yang berusia 80 tahun. Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon.

Artikel Terkait:

Para penonton dan masyarakat setempat akan dihibur dengan berbagai aktivitas sepanjang akhir pekan, mulai dari live music, festival makanan dan minuman, hadiah, lucky draw, dan beragam hiburan lainnya. Selain itu, mereka memperoleh kesempatan untuk mengikuti sesi tanda tangan dan foto bersama para atlet elit yang berlaga di lomba ini.

Keterangan lebih lanjut klik https://www.ironmanbintan.com

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram