Pantai Keramas Bali jadi Tempat Kejuaraan Selancar Dunia

Bali kembali menjadi tempat kejuaraan Selancar TingkatDunia.  World Surf Leage ( WSL) CoronaBali Protected 2019 diselenggarakan di Pantai Keramas, Gianyar, Bali pada 13-25Mei 2019.

Kejuaraan bertajuk Corona Bali ProTected ini diikuti oleh 56peselancar yang terbagi menjadi 37 surfer putra dan 19 surfer putri yang beradapada daftar peselancar top dunia. Indonesia dipilih menjadi salah satu tempatdari 11 seri lomba kejuaraan selancar dunia dari WSL.  Mulai dari Australia ke Indonesia lalu Brazil,Afrika Selatan, Amerika Utara, Prancis Eropa, dan Hawai.

Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari Kementerian PariwisataIndroyono Soesilo menyatakan pemerintah melirik potensi selancar sebagai dayatarik wisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara. 

"Pemerintah melihat ada potensi besar dari selancar.Karena itulah, mulai tahun lalu, kami bekerja sama dengan WSL dan memberidukungan pada beberapa event surfing yang diselenggarakan di Indonesia,”katanya.

Indroyono mengatakan Indonesia patut bersyukur dikaruniaibanyak pantai dengan ombak yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagianbarat dan selatan Samudra Hindia serta pesisir pantai Samudra Pasifik.

“Indonesia mempunyai ratusan pantai surfing, 30 di antaranyamenjadi lokasi surfing kelas dunia. Dari 30 lokasi ini, 11 di antaranya menjaditempat penyelenggaraan WSL 2019 sehingga ini akan menempatkan Indonesia sebagaidestinasi surfing nomor satu di dunia,” kata Indroyono Soesilo.

surfing 4

Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari Kementerian Pariwisataini, saat pembukaan WSL Champions Tour 2019 mengatakan jutaan pasang mata akanmelihat seperti apa keindahan pantai dan ombak yang bagus di Gianyar.           

“Tahun lalu 5 juta orang melihat kejuaraan ini streamingdari berbagai dunia. dan tahun ini diperkirakan akan lebih. lantaran perhariini saja sudah satu juta orang yang liat,” kata Indroyono.

Setiap kejuaraan dunia selalu disiarkan di website www.worldsurfleague.com atau bisadiunduh dengan aplikasi baik di android ataupun Ios WSL.

Indroyono juga mengungkapkan Kementerian Pariwisata sejaktahun 2017 mengembangkan potensi selancar di Tanah Air. Di tahun 2019 initerdapat 10 turnamen Qualifying Series (QS) dan satu Champions Tour.  

“Event berskala internasional ini mampu mengangkat citraBali sebagai daerah tujuan wisata. Tahun ini merupakan yang ke-4, setelah eventserupa tahun 2008, 2013 dan 2018,” ujarnya.

Ada tiga hal strategis terkait dukungan promosi Kemenpar dievent ini, Lanjut Indroyono. Pertama, penggemar selancar adalah wisatawanmancanegara (wisman) yang kebanyakan berasal dari Australia.

“Para surfer itu spendingnya 80 dolar AS perhari dengan lamatinggalnya minimal satu minggu. Mereka datang dengan keluarga, tim, bahkanfans,” katanya. Mereka sudah menjadikan Bali sebagai the second home karenasurfing. Mereka sudah familiar berselancar di ombak Kuta Bali.

“Market-nya sudah jelas, mereka sudah ke Bali. Sekarangtinggal diperkenalkan spot baru itu ke negaranya,” kata Indroyono.

Dikesempatan yang sama perwakilan WSL Indonesia, Tipi Jabrikmenambahkan Pantai Keramas dipilih sebagai lokasi pertandingan WSL WorldChampionship Tour 2019 karena ombak yang baik dengan ditunjang infrastrukturyang memadai sesuai persyaratan yang diminta panitia lomba.

"Ke depan, saya berharap seluruh komponen menjagakelestarian pantai agar kondisi ombak bisa tetap baik untuk mendukungpelaksanaan kejuaraan selancar," ujarnya.

bali surfing1

Surfer Indonesia misalnya Rio Waida di kategori putra danKailani Johnson di kategori putri turut unjuk gigi berkompetisi melawan parajuara selancar tingkat dunia.

Rio Waida pada akhirnya berhasil mengungguli juara tahun2018 Gabriel Medina asal Brasil. Meskipun berbeda skor sangat tipis, setidaknyaRio berhasil mempertahankan posisinya di kompetisi Corona Bali Protected 2019dalam kesempatan tersebut. Rio mencetak 2 skor dari 4 ombak yang ia buat.

Sementara itu, Kailani perempuan berdarah Bali menandaidebut karir di tingkat elit selancar dunia, tampilnya Kailani merupakan kali

Artikel Terkait:
pertama seorang perempuan Indonesia berkompetisi di ajang WSL ChampionshipTour.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram