Menuju Pariwisata Indonesia yang Berkelanjutan Dengan ISTAFest 2019

Kementerian Pariwisata kembali menggelar IndonesiaSustainable Tourism Award Festival (ISTAFest) 2019, Melalui kegiatan inidiharapkan dapat mempercepat terwujudnya destinasi pariwisata Indonesia yangberkelanjutan dan  berkelas dunia.

ISTAFest 2019 bertempat di Ballroom Hotel Ritz CarltonPacific Place, Jakarta, pada tanggal 26 September 2019. Pada kegiatan initerbagi dalam 3 sub kegiatan, yaitu ISTA Forum, ISTAMart dan ISTA Award.

Valeia Daniel, Ketua tim percepatan pariwisata berkelanjutanKementerian Pariwisata megatakan bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlahpeseta disbanding tahun lalu. Jika tahun 2018 sebanak 176 peserta, kini menjadi263 peserta.

Konsep pariwisata berkelanjutan terdiri dari 5 aspek yaitu5P, people, planet, prosperity, peace dan partnership. Suatu destinasipariwisata harus berpengaruh kepada masyarakat sekitar, lingkungan,kesejahteraan, mewujudkan perdamaian dan kemitraan.

I Gede Adika, Ketua Indonesia Sustainable Tourism Councilmengatakan bahwa dalam mengembangkan suatu destinasi yang menerapkan prinsippariwisata, badan yang dipimpinnya mengerjakan 3 program yaitu SustainableTourism Destination, Sustainable Tourism Obsevatory dan Sustainable Certification.

Berkaitan dengan pariwisata berkelanjutan yang berhubungandengan kelestarian lingkungan hidup, Menteri Pariwisata Arief Yahiya menjelaskanbahwa Indonesia masih lemah dalam 3 hal, yaitu Enviroment, Healt & Hygienedan Tourism Infrastructure. Masalah yang berkaitan dengan emviroment adalahsoal sampah , terutama sampah plastik dan yang berhubungan dengan Healt &Hygiene adalah soal toilet.

Kepada pemerintah daerah jangan malu untuk mengakui kalau

Artikel Terkait:
lemah dalam hal pengelolaan sarana WC atau Toilet di tempat-temat wisata. “Serahkan saja kepada pihak swasta untuk pengelolaan WC, “ ujar Arief Yahya.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram