Pertambangan Ombilin Sawahlunto Menjadi Situs Warisan Dunia

Bekas lokasi pertambangan batubara Ombilin di Sawahlunto,Sumatera Barat, ditetapkan sebagai situs warisan dunia kategori budaya olehOrganisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB atau UNESCO, padatanggal 6 Juli 2019.

Ombilin menambah koleksi Indonesia yang saat ini memilikiempat warisan dunia kategori alam yakni Taman Nasional Komodo (1991), TamanNasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional UjungKulon (1991).

Selain itu, Indonesia sudah punya empat warisan duniakategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), SitusSangiran (1996), dan sistem Subak di Bali (2012).

sawah lunto 3

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menambut baikpenetapan tersebut. Seperti dilansir dari kompas.com, Irwan menyatakan perjuanganagar penambangan Ombilin di  Sawahluntoditetapkan sebagai warisan dunia telah dimulai sejak tahun 2015.

Untuk itu setelah penetapan ini, penambangan di kawasanOmbilin tersebut akan ditutup total. “Semoga dengan penetapan ini, bisamendongkrak pariwisata di Sumatera Barat, “ ujar Irwan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya ditempat terpisah jugamenyambut baik penetapan tersebut.  Menparmengatakan, jika sudah mendapatkan status dari UNESCO maka akan sangat mudahuntuk menjual dan memasarkan Ombilin di Sawahlunto sebagai destinasi wisata. “Status

Artikel Terkait:
itu sangat penting. Karena akan mempermudah untuk menarik investor, jugamenarik wisatawan datang,” katanya.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram