Pesta Kesenian Bali 2017, Tampilkan Seni Budaya dari Dalam dan Luar Negeri

Pesta Kesenian Bali (PKB) 2017 kembali digelar. Saatnya menikmati berbagai suguhan seni yang ditampilkan di Taman Budaya Bali atau Art Center.

Kegiatan seni budaya yang sudah menginjak edisi ke-39 itu akan dimulai di depan Monumen Bajra Sandhi Renon. Di  tahun 2017 ini, akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juni sampai 8 Juli. Setiap hari, akan selalu ada acara kesenian dipentaskan Waktunya akan dimulai pukul 10.00 WITA dan diakhiri pukul 20.00 WITA.

"Dengan mengetahui susunan kegiatan atau jadwal acara dalam PKB 2017 tersebut, maka traveller bisa mengetahui lebih awal jadwal pementasan sebuah kesenian. Di Pesta Kesenian Bali ini juga ada sejumlah peserta Kesenian dari negara asing yang memperkenalkan budaya dan seni mereka di Bali," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Yuniartha Putra, Kamis (8/6).

Dalam susunan jadwal acara PKB 2017, tercatat berbagai pementasan seni ditampilkan seperti; parade Ngelawang, pementasan wayang kulit, drama gong, topeng, joged bumbung, prembon, bebondresan, taman panasar, tari dan tabuh, arja, gong kebyar, baleganjur, kesenian gambuh sampai pementasan Calonarang dan berbagai pementasan kesenian lainnya. Setiap harinya duta-duta seni dari sejumlah Kabupaten di Bali melengkapi kegiatan dan pertunjukan seni di Taman Budaya Art Center ini.

“Tema yang diusung juga berbeda-beda. Semua diset berdasarkan kontinuitas, teks dan kontekstual. Untuk 2016 – 2020, temanya Panca Maha Bhuta yang terdiri dari 5 unsur atau elemen yang membentuk makhluk hidup di antaranya Pertiwi (tanah), Apah (air), Bayu (udara), Teja (cahaya) dan Akasa (eter). Dan sub tema PKB 2017 ini adalah bertemakan Ulun Danu yaitu melestarikan air (Apah) sebagai sumber kehidupan,” tambah Agung.

Pada hari pembukaan, akan dimulai dengan pawai di depan Monumen Bajra Sandhi Denpasar Pukul 18.00, pembukaan akan diisi dengan pemulukan Gamelan Gong Gede di Kalangan Madya Mandalapukul 20.00, yang kemudian disambung dengan acara pembukaan PKB ke-39 di panggung terbuka Ardha Candra.

Sumber gambar : www.pesona.indonesia.travel

Artikel Terkait:

 

 

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram