Staycation, Solusi Liburan di Masa New Normal

Staycation, Solusi Liburan di Masa New Normal

Setelah wabah pandemi virus Covig -19 mulai mereda, kini kita memasuki masa new normal atau masa kebiasaan baru. Selama ini kita berkutat di rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona tersebut, namun kini kita bisa bepergian dengan menaati protokol kesehatan yang diberlakukan.

Salah satu alternatif  mengatasi kejenuhan di rumah tanpa keluar kota adalah dengan Staycation. Istilah staycation merujuk pada kegiatan berlibur tanpa meninggalkan area tempat tinggal. Saat ini, staycation sangat digemari karena merupakan opsi yang pas bagi mereka yang ingin menikmati suasana liburan namun terhalang oleh pandemi.

Tertarik untuk melakukan staycation ? Berikut tips aman untuk staycation di saat pandemi.

  • Cek kesehatan tubuh

Pastikan kondisi kamu sehat. Tidak demam, batuk dan pilek atau gejala lain yang menandakan kondisi kamu tidak fit. Tidak ada salahnya untuk melakukan tes kesehatan terutama yang terkait dengan virus Covid-19 seperti rapid test ataupun swab test di klinik atau rumah sakit terdekat.

Hotel akan memberlakukan protokol kesehatan seperti memeriksa suhu tubuh dan mewajibkan memakai masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer. Maka pastikan  kamu dan keluarga sehat.

  • Membawa perlengkapan personal

Hotel pastinya sudah melalukan protokol kesehatan seperti melakukan penyemproten diinfektan di setiap sudut ruangan dan menyediakan perlengkapan dan peralatan di kamar dan ruangannya lainnya dengan higienis. Namun jika kamu masih ragu, kamu bisa membawa peralatan makan dan mandi serta perlengkapan ibadah sendiri.

Membawa perlengkapan pribadi bertujuan  untuk menghindari penggunaan barang secara bergantian dengan banyak orang yang meningkatkan resiko terpapar virus.

  • Perhatikan protokol kesehatan di hotel

Penginapan  akan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran virus. Oleh sebab itu, taatilah prosedur kesehatan di tempat menginap kamu. Saat kamu datang, petugas akan memerika suhu tubuh kamu dan mewajibkan mencucu tangan dengan handsanitizer serta memakai masker. Jaga jarak aman saat mengantri check ini, mengambil menu sarapan atau menunggu lift.   Hindarilah kerumunan di fasilitas  umum seperti kolan renang dan restoran. Mintalah petugas untuk mengambilkan pesanan kamu atau datanglah di waktu yang tidak ramai.

Dok. Novotel Karawang
  • Gunakan perlengkapan untuk pelindung diri

Pihak penginapan tentunya sudah menyemprotkan disinfektan ataupun menggunakan air purifier  di setiap ruangannya, namun akan lebih bjak jika kamu jika membawa dan menggunakan alat pelindung diri seperti masker, handsanitizer atau faceshield.

Selain membantumu untuk menangkal virus, perlengkapan ini juga dapat membantumu merasa lebih aman dan tenang ketika melakukan staycation. Terutama bagi yang membawa anak kecil, tentunya proteksi ekstra sangat diperlukan demi menjaga kesehatan buah hati.

  • Hindari spot/area umum di penginapan

Hindari tempat-tempat yang ramai atau terdapat kerumunan orang. Hal ini untuk mencegah penularan virus yang bisa terjadi dalam jarak dekat melalui percikan ketika batuk, bersin, ataupun berbicara. Hindari pula menginap beramai-ramai dalam satu kamar, usahakan hanya bersama keluarga atau orang terdekat saja.

Bila kamu ingin membeli makanan dari restoran hotel, akan lebih aman bila takeaway saja atau mintalah petugas hotel untuk membawakannya ke kamarmu. Beberapa hotel juga sudah menerapkan penutupan fasilitas-fasilitas umum dan menggantinya dengan layanan pengantaran ke kamar.

Itu dia beberapa tips staycation aman selama masa pandemi. Tertarik untuk mencobanya? Yuk book hotel berbintang dengan standar kesehatan yang mumpuni dengan harga miring hanya di Traveloka (https://www.traveloka.com/id-id/hotel-guides/staycation). Psst, jangan lupa nyalakan notifikasi aplikasi Travelokamu untuk mengikuti flash sale setiap hari Jumat ya, agar staycationmu menjadi jauh lebih hemat.

One thought on “Staycation, Solusi Liburan di Masa New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »