Serunya Tur Sejarah ke Kampung Betawi

Serunya Tur Sejarah ke Kampung Betawi

Kalau mau tahu sejarah dan budaya Betawi, tempatnya ada di Setu Babakan. Setu Babakan atau dikenal dengan nama lain Danau Babakan terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tempat yang berfungsi sebagai pusat pelestarian budaya Betawi ini menawarkan beragam atraksi yang dapat dinikmati para pengunjung.

Beberapa waktu yang lalu diadakan tur Sejarah tahunan Archipelago International atau yang lebih dikenal sebagai Archipelago Heritage Tour.   Dengan mengangkat tema Betawi Heritage, Archipelago International kembali bekerjasama dengan komunitas Jakarta Good Guide untuk kunjungan ke Kampung Betawi di Setu Babakan.

Beberapa atraksi budaya yang menarik di Setu Babakan  di antaranya:

1.            Mengunjungi Rumah Betawi

Rumah Betawi yang terdapat di Setu Babakan terbagi menjadi 3 macam: Rumah Betawi Gudang atau Kandang, Rumah Betawi Kebaya atau Bapang, dan Rumah Joglo. Halaman tiap rumah ditanami beragam pohon dan tanaman rimbun yang biasa ditemukan pada Rumah Betawi zaman dahulu seperti Melinjo, Jambu, Kecapi, Jamblang, Krendang, Guni, Nangka Cimpedak, Nam-nam, dan Jengkol.

2.            Menikmati Kuliner Khas Betawi

Di Kampung Betawi, para pengunjung dapat menyantap berbagai kuliner khas Betawi seperti Kerak Telor, Toge Goreng, Arum Manis, Rujak Bebek, Soto Betawi, Es Potong, Es Duren, Es Selendang Mayang, Bir Pletok, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Lontong Sayur, Kue Rangi dan masih banyak lainnya sambil menikmati pemandangan danau.

3.            Melihat Kesenian Khas Betawi

Beberapa kesenian khas Betawi yang dipertunjukan di Setu Babakan adalah Lenong, Tari Topeng, Tanjidor, Marawis, Gambang Kromong, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Narojeng. Selain itu juga ada beberapa upacara Adat yang sering dirayakan seperti Penganten Sunat, Pindah Rumah, Khatam Qur’an, dan Nujuh Bulan.

4.            Mengelilingi Setu Babakan dengan Perahu Kayuh

Pengunjung dapat menikmati suasana asri di Setu Babakan dengan mengayuh perahu angsa dengan kapasitas 2 orang. Pada akhir pekan, biaya untuk menaiki perahu angsa adalah Rp. 10,000 per orang. Sementara pada hari biasa, pengunjung hanya membayar Rp 8,000 untuk orang dewasa dan Rp 6,000 untuk anak-anak.

5.            Memancing Ikan

Setu Babakan memiliki 2 jenis kolam yakni kolam gratis dan kolam berbayar, masing-masing memiliki kedalaman hingga 5 meter dengan beragam jenis ikan seperti ikan mujair, ikan mas, hingga ikan sapu-sapu. Selain memancing, pengunjung juga bisa menyaksikan kegiatan para penambak ikan air tawar yang membudidayakan berbagai ikan air tawar seperti ikan mas dan lele.

Tur wisata sejarah dan budaya dapat  dipadukan dengan paket menginap di hotel- hotel dalam jaringan Archipelago International. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.archipelagointernational.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป