Gumuk Pasir Parang Tritis Akan Menjadi Lokasi Lomba Lari

Jogjakarta kini memiliki kegiatanlomba lari berskalainternasional. Lokasinya pun terbilang unik.bukan hanya diperkotaan tetapi kiniPantai Selatan Jawa, tepatnya di Kawasan Parang Tritis menjadi lokasi utamanya.

Adalah Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerja sama denganKraton Jogjakarta menggelar ajang lomba lari bertajuk ‘The Royal Jogja SandDunes Geospatial Run 2019’ dalam rangka Hari Informasi Geospasial 2019 danbertepatan dengan 50 tahun usia BIG di tahun 2019.

Berlokasi di Gumuk Pasir dan tepi Pantai Parangtritis,Jogjakarta. Lomba lari ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019mendatang. Ajang ‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019’ ini akanmenawarkan sensasi lari unik pertama di Indonesia dimana peserta bakal menjajalmedan lari yang tidak biasa yaitu berlari di gundukan pasir PantaiParangtritis.

Gumuk Pasir Parangtritis merupakan satu-satunya bukit pasiryang terluas di Asia Tenggara. Area Pantai Parangtritis memiliki bukit pasirbesar yang disebut Gumuk Pasir Parangtritis (Gumuk berarti Bukit Pasir; Pasirberarti Pasir). Fenomena alam yang unik ini pun harus dipromosikan secara luasguna menginformasikan tujuan wisata baru yang layak dikunjungi ketika berada diJogjakarta, bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, juga untuk dapatmenjaga gumuk pasir akan selalu ada sebagai fenomena alam yang unik.

sandunerun2019

Kepala BIG, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc. sangatantusias dapat segera menggelar event lari terbesar ‘The Royal Jogja Sand DunesGeospatial Run 2019’ yang bekerjasama dengan Kraton Jogjakarta.  

 “Sebagai badan yangbertanggung jawab terhadap pemetaan seluruh wilayah Indonesia, maka ajang lombalari ini menjadi wadah kami untuk memperkenalkan kiprah BIG ke masyarakat. Kamiyakin masih banyak yang tidak tahu kiprah BIG, untuk itulah kami inginmendekatkan diri dengan masyarakat, bahwa kami telah hadir selama 50 tahun diIndonesia. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, maka ajang ‘TheRoyal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019’ menjadi ajang perkenalan BIGsekaligus agar kami dapat dikenal sebagai penyelenggara lomba lari yangmenawarkan lomba lari dengan sensasi unik yang berbeda”, ujar Kepala BIG dalamacara jumpa pers di Jakarta, 25 April 2019.

Ajang ‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019’ inipun mendapatkan dukungan dan apresiasi dari para pemangku kepentingan, termasukKraton Jogjakata. Ajang ini sudah mendapatkan restu dari Sri SultanHamengkubuwono X, mengingat Gumuk Pasir ini merupakan tanah milik KratonJogjakarta (Sultan Ground). Selain itu, Kanjeng Pangeran Haryo Wironegoro, yangbiasa dipanggil Kanjeng Wiro, dari Kraton Jogjakarta juga merasa antusias dapatmendukung ajang lari yang mengangkat potensi wisata di Jogjakarta ini.

“Kami gembira dapat bekerjasama dengan BIG untuk menggelarajang lomba lari yang merupakan kegiatan positif dengan banyak manfaat,kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ini merupakan salah satubagian promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung keJogjakarta, khususnya untuk menikmati keindahan Pantai Parangtritis. Harapannyadengan diselenggarakannya ajang ‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run2019’ ini dapat menjadi gerbang terbukanya potensi sosial ekonomi di bidangindustri dan kepariwisataan, serta tentunya membuka potensi olahraga bagimasyarakat urban Jogjakarta”, tutur Kanjeng Wiro.

Sebagai informasi, ajang ‘The Royal Jogja Sand DunesGeospatial Run 2019’ merupakan lomba lari yang menghadirkan keunikan dengan lintasanlari dengan rute 80% road aspal/semen melewati jalan raya dan jalan desa disekitar Parangtritis, dan rute lainnya melewati pantai dan gumuk pasir danlorong cemara dengan 3 kategori lomba yaitu 6K, 10K dan 21K.

Untuk pendaftaran sendiri telah dibuka sejak bulan Aprilhingga akhir bulan Agustus 2019 mendatang, yang dapat dilakukan secara onlinedi website https://theroyaljogjasanddunes.com/atau https://sanddunesrun.id/.

Untuk biaya pendaftarannya sendiri adalah Rp. 250.000(6K);  Rp. 350.000 (10K) dan Rp. 500.000(21 K yang juga akan mendapatkan kaos finisher). Pihak panitia juga memberikanharga diskon early bird sebesar 30% dengan rincian: Rp. 175.000 (6K); Rp.245.000 (10K) dan Rp. 350.000 (21K).

‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial Run 2019’ yangmemiliki target 5000 peserta ini merupakan bagian dari The Royal Jogja Runningseries yang rencananya akan diadakan beberapa kali dalam setahun di beberapatempat di Jogjakarta. Tahun ini direncanakan di kota (bagian tengah) dan di

Artikel Terkait:
Gumuk Pasir (bagian selatan). Tahun berikutnya diharapkan dapat dilaksanakan diutara (gunung Merapi) dan tempat lain di Jogjakarta.

Di unggah oleh:  Ferry
Terakhir di update: 27 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | WebDev Credit
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram