Kemenpar Luncurkan Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata

Kementerian Pariwisata  meluncurkan The 10 Destination Brandings. Kesepuluh destinasi pariwisata ini dinilai paling siap mempunyai merek terbaru dalam rangka mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah internasional.

Peluncuran ini berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (14/6). Hadir dalam peluncuran ini perwakilan dari pemerintah daerah dari kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat),  Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana menjelaskan, penyusunan dan peluncuran merek  terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut adalah sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (merek destinasi) sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Deputi BP3M, I Gede Pitana mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan, tentu perlu diberikan penjelasan lebih lanjut, agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah terkait memajukan pariwisata.

“Kesepuluh destinasi pariwisata tersebut dipilih karena telah memenuhi unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas), dan paling siap sehingga akan mempermudah di-branding  dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia,” jelas Pitana.

logo2

Proses pembuatan logo merek untuk setiap destinasi juga mempunyai proses yang panjang. Diawali dengan pihak kemenpar, konsultan dan pemda setempat, menggali potensi yang ada di dalam setiap unsur wilayah destinasi, lalu berkonsultasi dengan berbagai tokoh di daerah tersebut hingga kemudian logo yang tercipta mewakili unsur tersebut. Baru kemdian diajukan ke kemenpar.

Contohnya Kabupaten Banuwangi, yang memiliki Kawah Gunung Ijen yang terkenal dengan Blue Fire-nya, lalu mempunyai pantai G-Land yang terkenal dengan destinasi surfing no.2 di dunia, kemudian mempunyai tagline, “ The Sunrise of Java”. Sehingga semua unsur tersebut dimasukkan ke dalam logo mereknya. Dengan tagline, “Majestic Banyuwangi”  diharapkan dapat mewakili gamabran tentang kagungan Banyuwangi.

Artikel Terkait:

Pada saat yang bersamaan diadakan pameran ke sepuluh destinasi di lobby lantai 1 Gedung Sapta Pesona. Dalam kesempatan itu, pada booth-booth setiap destinasi akan memperlihatkan dan memperkenalkan branding destinasi dan cara pengaplikasiannya.

Acara launching the 10 destination brandings pariwisata Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukkan kesenian dalam kemasan cultural wonders dengan menampilkan tari tradisional, fashion show, pertunjukkan musik oleh Band Kamila serta alunan musik daerah yang dipersembahkan oleh Andien.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram