TorajaMelo Bersama Desainer Sofia Sari Dewi Tampil di Indonesia Fashion Week 2019

TorajaMelo, badan sosial yang bergerak dalam bidangpengembangan seni budaya kain tradisional Indonesia, tampil bersama dalamkolaborasi dengan desainer Sofia Sari Dewi dan Pengrajin Tenun Toraja Utara di acaraperagaan busana pada Indonesia Fashion Week 2019, pada tanggal 30 Maret 2019 diJakarta Convention Center.

Peragaan busana bertajuk ‘Revisited Sarong by KOPIKKON’ olehBEKRAF, menampilkan karya-karya desainer binaan Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf).KOPIKKON (Koperasi Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara) adalahprogram Bekraf dalam mengembangkan industry desain di Indonesia, dan Sofia SariDewi salah satu desainer.

Bersama dengan 11 desainer lainnya, pagelaran busana ini  menampilkan karya-karya desain mengambil kainsarung sebagai bahan utamanya dari  berbagaidaerah.

Dinny Jusuf pendiri dan direktur utama TorajaMelo mengatakan,untuk melestarikan tenun sekaligus mengangkat harga diri perempuan penenun,pihaknya menjalin kolaborasi dengan desainer, salah satunya adalah Sofia SariDewi. "Salah satu cara melestarikan tenun adalah berkolaborasi dengangenerasi muda. Sejak awal tahun lalu TorajaMelo telah  bekerja bersama Sofia Sari Dewi," ujarnya.

Sofia memiliki alasan sendiri mengapa mengangkat sarong(sarung) bertema ‘Urban Reborn’ dalam koleksinya. "Sarung sudah menjadibagian gaya hidup masyarakat Indonesia sejak lama. Orang Indonesia terlihatanggun dan gagah saat mengenakan sarung. Dengan mengangkat sarung menjadisesuatu yang kekinian di ajang IFW 2019, saya berharap generasi muda mulaimenerapkan #SarongIsOurLisestyle sebagai outfit-nya, serta bangga dengan jatidirinya" papar desainer kelahiran Yogyakarta, 2 November 1983.

"Tahun ini, saya berkolaborasi dengan TorajaMelo danToraja Utara, ini adalah area IKKON (Inovatif dan Kreatif melalui KolaborasiNusantara) 2017, yang kebetulan mentornya Ibu Dinny dari social enterpriseTorajaMelo," urai Sofia, yang pernah terpilih untuk mengikuti programunggulan pemerintah Indonesia melalui BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia),IKKON 2016.

torajamelo1

Di ajang IFW 2019, Sofia menggunakan sarung yang 'disulap'dalam outfit kekinian dalam 9 look, yaitu 5 untuk pria dan 4 untuk wanita."Sarung bisa dimodifikasi tampil kekinian dan modis sehingga cocokdikenakan sebagai outfit harian," imbuhnya.

Dan menurut Sofia, perhelatan akbar Indonesia Fashion Weekmerupakan momen yang tepat untuk lebih memasyarakatkan sarung. Dinny setujudengan pendapat itu. Menurutnya, Indonesia Fashion Week 2019 akan menjadi ajangyang baik bagi generasi muda untuk bangga #SarongIsOurLifestyle, hashtag(tagar) yang diusung #TorajaMeloXSofiaSariDewi dalam kampanye digitalnya.

Dalam pergelaran ini, Sofia Sari Dewi X TorajaMelo X TorajaUtara didukung oleh JNE, yang mengusung jargon "Connecting Happiness” dan

Artikel Terkait:
“Menginspirasi Negeri" yang selaras dengan tagline TorajaMelo, Weaving TheStories Of Indonesia.

favico tourismvaganza website

TOURISMVAGANZA

Travel, Lifestyle & Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | Web by Diitalizer
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram