Untuk Mencapai 15 Juta Wisman Tahun 2017, Kemenpar Programkan Hard Selling

Tahun 2017 ini, Kementerian Pariwisata menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 15 juta orang. Untuk itu Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M)  dibawah pimpinan I Gde Pitana, telah menyiapkan berbagai strategi untuk mencapai target tersebut.

I Gede Pitana mengatakan dalam jumpa persnya kepada wartawan pariwisata di Jakarta,Kamis 16 Maret 2017, "Setelah dua tahun terakhir ini kami fokus membangun branding Wonderful Indonesia, pada tahun ini akan lebih fokus pada kegiatan hardselling dan kerjasama dengan airlines dan wholesalers.” Kegiatan hard selling tersebut akan diutamakan di pasar utama yaitu Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia, dan Jepang.  Kelima negara ini merupakan kontributor wisman terbesar bagi Indonesia.

Sebagai gambaran, untuk membidik pasar di kawasan Asia Pasifik (Tiongkok, Australia, Jepang, Korea, India dan pasar lainnya) Deputi BP3M lebih banyak melakukan kegiatan hardselling berupa pameran dan misi penjualan (sales mission). Pada Januari-Desember 2017 disiapkan 54 kegiatan hardselling berupa 30 kegiatan pameran dan misi 24 misi penjualan, sedangkan untuk promosi yakni dengan mengikuti festival sebanyak 30 kegiatan dan fam trip sebanyak 51 kegiatan.

Kegiatan pameran di pasar kawasan Asia Pasifik yang telah dilaksanakan pada Februari  2017 antara lain; SATTE Delhi  (India); AIME Melbourn (Australia), dan OTM Mumbai (India), sedangkan pada Maret adalah pameran IT& CM Shanghai (China) yang akan berlangsung pada 21-23 Maret mendatang.

Pola serupa juga diterapkan untuk kegiatan pameran di pasar Eropa, Timteng, Amerika, dan Afrika. Di antara kegiatan pameran internasional pameran terbesar adalah  ITB Berlin, WTM London, dan ATM Dubai.

“Baru-baru ini kami ikut di ITB Berlin yang berlangsung pada 8-12 Maret 2017. Kami mencatat sukses sebagai The Best Exhibitor 2017 di pameran pariwisata terbesar di dunia itu. Terima kasih atas segala supportnya," kata dia.

Sebelumnya, lanjut Pitana, dahului dengan serangkaian sales mission ke tiga kota di tiga negara Eropa Barat (Amsterdam, Paris, dan Munich) pada 1-3 Maret. Kegiatan ini menjadi maksimal dalam menggarap pasar Eropa.

Artikel Terkait:

I Gde Pitana juga menjelaskan, pada Maret ini juga tengah berlangsung (14-17 Maret 2017) pameran Seatrade Cruise Global di Miami, AS. Delegasi Indonesia dalam pemeran ini menyertakan Tim Percepatan Bahari.

 

Di unggah oleh:  Ferry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2013 - 2021 Tourism Vaganza - Allright Reserved | WebDev Credit
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram