Adira Finance Gelar Festival Kreatif Lokal 2020 Dorong Tumbuhnya Ekonomi UKM

Adira Finance Gelar Festival Kreatif Lokal 2020 Dorong Tumbuhnya Ekonomi UKM

Untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing UKM kreatif dan wirausaha muda di Indonesia, Adira Finance dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , menyelenggarakan  “Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020”.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Acara Kreatif Lokal Awarding Night tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti creative conference dari pembicara ternama, pakar di bidang industri kreatif dan pembicara internasional.

Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal artis ternama untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terdampak pandemi.

Sebagai pendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance juga akan mengadakan Festival Pasar Rakyat yang bertujuan untuk menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual lewat topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran dan usaha online.

Selain mendukung pengembangan usaha untuk UKM di Festival Pasar Rakyat, Adira Finance berkolaborasi dengan organisasi sosial Gerakan Pakai Masker melaksanakan pemberian masker gratis serta penyuluhan penerapan hidup sehat dan bersih sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pedagang serta ekosistem di pasar rakyat di masa pandemi ini.

“Kami berharap rangkaian kegiatan di Festival Kreatif Lokal, menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif dan bersama meningkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga ke depan, kami bisa menunjukkan semangat bersama agar Indonesia bisa terus maju. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi juga bagaimana kita dapat berkembang ke kancah internasional,” kata Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli dalam kegiatan penantanganan nota kesepahaman dengan Kemenparekraf, Kamis, 27 Agustus 2020.

Selain Adira Finance, Festival Kreatif Lokal 2020  turut didukung oleh PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) dan perusahaan logistik Anteraja.com .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »